Solusi Tepat Mengurus STNK Hilang

Solusi Tepat Mengurus STNK Hilang! Sekali seumur hidup, kita pasti merasakan perasaan kehilangan yang benar-benar sangat banyak di mana kita merasa sangat kosong. Ya, apakah itu terasa benar jika Anda kehilangan registrasi kendaraan Anda?

Kehilangan STNK seolah-olah saya kehilangan identitas saya, jadi kehilangan arah karena saya takut ditilang jika pergi ke mana-mana. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu repot menggunakan broker untuk mengurus STNK hilang lagi karena selain lebih mahal, mengaturnya sendiri juga mudah.

Anda juga lebih efisien karena Anda menjaga diri sendiri sehingga uangnya bisa digunakan untuk makan sate taichan sebanyak yang Anda suka. Jangan khawatir karena Sepulsa akan memberi tahu Anda langkah apa yang harus diambil jika pendaftaran kendaraan Anda hilang.

Persayaratan yang Perlu Disiapkan

Untuk hal pertama Anda harus menyiapkan beberapa arsip dan fotokopi untuk kemudian dibawa ke Samsat. Inilah yang harus Anda persiapkan:

Siapkan sertifikat kehilangan registrasi kendaraan di kantor polisi di dekat Anda

Tidak sulit kenapa Anda hanya mampir ke kantor polisi atau kantor polisi di dekat Anda dan memberi tahu petugas polisi bahwa pendaftaran kendaraan Anda hilang. Tidak perlu takut karena petugas kepolisian hanya ingin mengetahui kronologis hilangnya kapan dan di mana Anda akan dibuat nanti, sertifikat hilang.

Hanya butuh 10 menit agar sertifikat pendaftaran hilang pada STNK untuk berada di tangan Anda dan tidak ada biaya untuk ini, tetapi jika Anda ingin memberikannya, tidak ada masalah.

  • KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan
  • Foto kopi registrasi kendaraan yang hilang (jika ada)
  • Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB)
  • Langkah-langkah untuk mengurus registrasi kendaraan hilang
  • Samsat

Apa Solusi Solusi untuk Mengurus STNK Hilang?

Setelah Anda menyiapkan kondisi di atas, maka Anda bisa saja mampir ke Samsat dan membawa semua syarat. Persiapkan semuanya dalam satu folder agar tidak terhambur dan menghilang. Berikut langkah-langkah untuk mengurus registrasi kendaraan:

Jika Anda tidak memiliki fotokopi registrasi kendaraan, bawalah fotokopi BPKP atau surat lamaran dealer. Misalnya, registrasi kendaraan Anda hilang dan status kendaraan Anda masih rumit, eh, kredit, jadi Anda perlu membawa fotokopi BPKB dan surat pengantar dari dealer bahwa Anda membeli kendaraan di sana.

Bawalah fotokopi BPKB dari dealer untuk disahkan. Yang merupakan satu-satunya ijazah sekolah menengah yang perlu dilegalisasi, ternyata BPKB juga perlu tahu karena Anda tidak memiliki fotokopi pendaftaran kendaraan. Bawa salinan BPKB ke bagian dukungan di kantor polisi bersama dengan KTP.

Periksa fisik kendaraan Anda di Samsat. Sudahkah Anda memeriksa kendaraan fisik? Jadi pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kendaraan Anda seperti warna mobil, nomor kendaraan, nomor mesin, dan juga nomor bingkai dan setelah itu surat akan dibuat oleh Samsat.

Bawa kendaraan Anda dan pergi ke Samsat terdekat ke rumah Anda dan segera pergi ke jendela pemeriksaan fisik untuk mendapatkan stiker. Anda cukup mengikuti prosedur di Samsat, memang prosesnya cukup lama tetapi pemeriksaan fisiknya gratis, Anda hanya perlu membayar biaya fotokopi.

Isi formulir pendaftaran di Konter Registrasi Kendaraan. Segera pergi ke jendela registrasi kendaraan dan meminta formulir untuk diisi sepenuhnya dan berikan bersama dengan persyaratan lengkap di atas. Pastikan kendaraan Anda tidak terhalang. Cara Anda membawa hasil pemeriksaan fisik dan pemblokiran untuk memastikan bahwa kendaraan Anda tidak dalam pencarian seperti kendaraan curian.

Membuat STNK baru. Setelah Anda memindahkan jendela untuk mengurus STNK hilang dengan melakukan pemeriksaan fisik, memeriksa blok, dan mengisi formulir Anda akhirnya dapat mengurus produksi STNK baru di Konter Biaya Transfer Nama II. Di sini Anda harus memberikan semua file dan sertifikat yang hilang.