Biografi Seorang Jokowi Presiden Indonesia

Biografi Seorang Joko Widodo Presiden Indonesia. Joko Widodo julukan Jokowi, (lahir 21 Juni 1961, Surakarta, Jawa Tengah , Indonesia). Pengusaha, politisi, dan pejabat pemerintah Indonesia yang menjabat sebagai gubernur Jakarta (2012-14) dan sebagai presiden dari Indonesia (2014).

Jokowi Presiden Indonesia

Jokowi Presiden Indonesia

Jokowi Presiden Indonesia yang biasa dipanggil Jokowi, yang menarik perhatian internasional dengan gaya kampanye populisnya dan platform anti korupsinya. Menjadi presiden Indonesia pertama yang tidak memiliki latar belakang militer atau milik salah satu keluarga politik terkemuka di negara itu. Keberhasilannya dalam jajak pendapat dipandang oleh banyak analis sebagai tanda dimulainya era politik Indonesia yang baru dan lebih demokratis.

Jokowi lahir dan besar di Surakarta sebuah kota di pusat Jawa timur laut Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang penjual kayu yang melakukan perdagangan di jalan-jalan kota dan di sebagian besar. Masa kecil Jokowi ia dan keluarganya tinggal di gubuk-gubuk yang dibangun secara ilegal di dekat Sungai Solo yang rawan banjir . Kemudian, ketika ia memasuki dunia politik, daya tarik populisnya sebagian berakar pada permulaan yang sederhana itu.

Jokowi melamar dirinya di sekolah dan memenangkan masuk ke Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta dari mana ia lulus (1985) dengan gelar di bidang teknik kehutanan. Selama beberapa tahun ia bekerja di pabrik pulp milik negara di wilayah Aceh di Sumatra utara dan kemudian mendirikan pabrik furniturnya sendiri di Surakarta. Pada tahun 2002 ia telah menjadi eksportir furnitur yang sangat sukses, dengan ruang pamer di beberapa benua, serta ketua cabang lokal dari asosiasi produsen furnitur berpengaruh di negara itu.

Bagaimana Perjalanan Hidup Jokowi Hingga Menjadi Orang Terpenting di Indonesia?

Pada tahun 2005 Jokowi, sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan; PDI-P), memenangkan pemilihan sebagai walikota Surakarta-orang pertama yang dipilih langsung ke posting itu. Dia sangat efektif dalam mengurangi kejahatan dan menarik wisatawan asing ke kota.

Kebiasaannya melakukan kunjungan spontan ke lingkungan miskin dan penolakannya untuk menerima gaji untuk pelayanan publiknya berkontribusi pada reputasinya untuk kerendahan hati dan kejujuran. Pada 2010 Jokowi terpilih kembali sebagai walikota dengan lebih dari 90 persen suara. Dia kemudian dinobatkan sebagai walikota terbaik ketiga di dunia oleh City Mayors Foundation internasional.

Selama menjalankan pemilihan gubernur di Jakarta pada tahun 2012. Jokowi mulai banyak dibandingkan di media dengan Presiden AS Barack Obama, sebagian karena ada kemiripan fisik tetapi juga karena Jokowi sebagian besar cocok dengan cetakan Obama sebagai politisi nontradisional yang karismatik.

Jokowi menggulingkan petahana, Fauzi Bowo, pada putaran kedua pemilihan itu, dan sebagai gubernur Jakarta. Ia meluncurkan program-program yang bertujuan meningkatkan akses warga Jakarta terhadap perawatan kesehatan dan pendidikan.

Pada tahun 2014, PDI-P memilih Jokowi untuk menjadi kandidatnya dalam pemilihan presiden Indonesia, yang diselenggarakan pada tanggal 9 Juli. Dia tersapu ke kemenangan dengan lebih dari 53 persen suara rakyat, mengalahkan mantan jenderal Prabowo Subianto.

Meskipun Subianto menuduh telah terjadi kecurangan dalam pemilihan umum dan secara resmi menentang hasil pemilihan, Mahkamah Konstitusi negara dengan suara bulat menolak klaimnya pada bulan Agustus , membuka jalan bagi Jokowi untuk menjabat pada tanggal 20 Oktober.

Ketika Jokowi memasuki kursi kepresidenan, ia mengidentifikasi penjepitan. turun pada korupsi sebagai salah satu prioritas utamanya dan sebagai langkah yang diperlukan untuk menarik lebih banyak investasi asing langsungke negara.

Jokowi Seorang Presiden Indonesia juga mendorong rencana sembilan poin untuk Indonesia yang menekankan membantu orang miskin dengan meningkatkan layanan publik, melaksanakan reformasi tanah, dan mengembangkan perumahan yang lebih terjangkau, di antara langkah-langkah lainnya.