Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Beli Smart TV!

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Beli Smart TV!

(Sumber gambar: www.flipkart.com)

(Sumber gambar: www.flipkart.com)

Sejak pertama kali ditemukan tahun 1926 di Inggris, semakin banyak orang yang bergantung pada teknologi ini. Memang sih, penggunaan TV terbilang sangatlah penting, apalagi sebelum maraknya era media sosial seperti sekarang ini. Pada zamannya, TV berfungsi sebagai sumber berita dan informasi sebagian besar orang. Tak heran jika banyak produsen elektronik yang berlomba-lomba melakukan inovasi terhadap teknologi TV. Nah, salah satu inovasi TV yang sedang marak beberapa tahun belakangan ini adalah smart TV. Dengan teknologi ini kamu bisa menggunakan TV untuk bermain game, streaming film, dan bahkan kerja. Ingin tahu kelebihan dan kekurangan dari smart TV? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Kelebihan dari Smart TV

Umumnya smart TV punya fitur DLNA/USB. Buat kamu yang belum tahu, ini adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk memutar video langsung dari USB atau DLNA. Video yang bisa diputar oleh smart TV pun tidak berpaku pada format AVI saja tapi juga MP4 dan format lainnya (tergantung tipe smart TV). Selain itu, smart TV juga bisa kamu manfaatkan untuk mengakses aplikasi dan games. Yup, kamu bisa bermain games online seperti Angry Birds bahkan Dota di TV. Keuntungan selanjutnya adalah kamu juga bisa melakukan streaming dari BBC iPlayer, Netflix, dan YouTube. Jadi streaming film pun lebih nyaman, deh! Fitur lainnya adalah PVR/DVR Functionality. Kebanyakan smart TV memiliki fitur PVR/DVR Functionality yang berfungsi untuk merekam acara televisi secara langsung tanpa membutuhkan perangkat tambahan. Kamu nggak perlu takut ketinggalan acara TV favorit kamu, deh!

Nah, ini dia yang menjadi salah satu fitur smart TV favorit kami. Apalagi kalau bulan Gesture & Voice Control. Meski nggak semua smart TV menyediakan fitur seperti ini, namun kebanyakan TV pintar menyediakan fitur di mana kamu dapat memberikan perintah kepada televisi dengan menggunakan gesture ataupun suara. Nggak hanya itu saja, mengingat semakin banyak orang yang tidak dapat lepas dari media sosial, smart TV juga menyediakan fitur Social Networking. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengakses media sosial tanpa perlu dari smartphone. Namun jika kamu lebih nyaman membuka media sosial lewat smartphone, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Smartphone Connectivity untuk menghubungkan telepon pintar ke smart TV.

Kekurangan dari Smart TV

Meski memiliki segudang kelebihan, namun smart TV juga tidak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangannya ada pada harganya yang mahal. Memiliki berbagai fitur canggih, tak heran jika smart TV umumnya dijual dengan harga yang mahal atau bahkan hingga puluhan juta rupiah. Hal inilah juga yang membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk membeli smart TV. Namun tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada banyak produsen elektronik yang menjual smart TV dengan harga terjangkau, lho! Salah satunya adalah Xiaomi dengan produk LED smart TV yaitu Mi TV 4A yang dijual dengan harga hanya IDR 2 juta! Murah banget, kan!

Selain dari segi harga, rasanya smart TV masih kesulitan mengimbangi koneksi Internet di Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui, salah satu fitur yang diunggulkan televisi pintar adalah kemudahannya dalam mengakses koneksi Internet. Sementara Indonesia merupakan  negara yang masih berkembang. Tentunya masih banyak kendala untuk koneksi internet di negara berkembang. Hal inilah yang membuat banyak orang mengeluh ketika membeli smart TV.

Guys, perlu dimengerti bahwa setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika kamu memiliki koneksi Internet yang mendukung, kami sangat merekomendasikan smart TV. Nah, buat kamu yang tertarik membeli produk canggih ini, yuk beli di Shopee! Kenapa? Selain keamanan produk terjaga, Shopee juga menawarkan promo gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Selain itu, Shopee juga menawarkan harga produk yang sangat terjamin, lho!