5 Cara Mudah Dapatkan AC Sesuai Kebutuhan

Sekarang ini produsen alat elektronik baik besar maupun kecil berlomba-lomba untuk membuat jenis AC canggih yang paling unggul di berbagai kelasnya. Di tengah pemanasan global membuat suhu di lingkungan menjadi tinggi, kebutuhan AC dengan terobosan teknologi membantu menurunkan suhu ruangan. Dengan manfaatnya ini tidak heran banyak sekali pilihan dan produk AC bisa didapatkan dengan mudah.

Seperti layaknya memilih peralatan elektronik lainnya, dalam membeli AC juga diperlukan beberapa pertimbangan. Pertimbangan ini diperlukan agar nantinya Anda memperoleh barang terbaik dengan harga yang sesuai. Sesuai disini maksudnya pas dengan kantong dan pas dengan kualitas AC yang nantinya akan Anda bawa pulang. Dengan demikian Anda tidak sia-sia ketika mengeluarkan uang untukmendapatkan unit yang sesuai kebutuhan. Tentunya AC terbaik yang dapat memberikan Anda kenyamanan. Lalu bagaimana cara melakukan itu. Mudah saja, cukup catat beberapa hal ini:

  1. Sesuaikan dengan luas ruangan

Selama ini pasti Anda sering menggunakan istilah PK pada AC. Ukuran PK harus sesuai dengan kebutuhan rumah. Ukuran PK ini juga terkait dengan luas ruangan. Sebab, semakin luas ruangan yang Anda akan pasangi AC, maka semakin besar nilai PK AC yang Anda harus beli. Jika PK terlalu besar maka suhu yang dihasilkan akan terlalu dingin, sedangkan jika ukuran terlalu kecil AC tidak dapat mendinginkan ruangan secara maksimal. AC Gree merupakan salah satu produsen AC yang memiliki banyak pilihan. Berikut ini adalah daftar perbandingan PK AC yang disesuaikanluasruangan:

  • 10 m2 = ½ PK
  • 14 m2 = ¾ PK
  • 18 m2 = 1 PK
  • 24 m2 = 1 ½  PK
  • 28 m 2 = 2 PK
  1. Sesuaikan dengan daya listrik rumah

AC adalah perangkat elektronik yang memerlukan daya listrik cukup lumayan. Karena itu selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah konsumsi daya listrik. Daya listrik setiap rumah berbeda. Jadi Anda harus menyesuaikan AC yang dibeli dengan kapasitas daya listrik di rumah. jika daya yang diperlukan terlalu besar, tentunya AC yang anda beli tidak dapat digunakan di rumah. AC yang baik adalah AC yang memiliki kualitas canggih tetapi hemat daya listrik.

  1. Sesuaikan dan ketahui tipe AC yang sesuai

Sudah disinggung di atas, saat ini banyak tipe AC yang beredar di pasaran. Tipe pendingin ruangan ini dibuat berdasarkan penggunaannya. Ada tiga tipe AC yaitu standar, low watt dan inverter. AC standar adalah AC yang biasa digunakan di rumah-rumah. sedangkan tipe low watt adalah tipe standar yang penggunaan dayanya dikurangi sehingga menjadi lebih hemat daya. Sedangkan inverter merupakan AC yang digunakan dalam jangka panjang. Berikut adalah detail penggunaan tipe yang sesuai dengan kondisi rumah Anda:

  • Jika rumah puya daya listrik rendah : AC Low Watt
  • Jika ruangan pintu sering dibuka tutup : AC Standard, Low Watt
  • Jika penggunaan AC dilakukan berkala : Standard, Low Watt
  • Jika penggunaan setiap hari singkat : AC Standard, Low Watt
  • Jika penggunaan setiap hari cukup lama : Gunakan AC Inverter
  1. Sesuaikan dengan kebutuhan teknologi

Teknologi AC kini terus berkembang. Tidak salah jika banyak fitur yang ditawarkan oleh produsen AC. Mulai dari ramah lingkungan, konsumsi daya rendah, mendukung kesehatan, dan lain sebagainya. Karena itu pilihan AC yang memiliki semua fitur canggih dan memanjakan penggunanya tersebut jadi hal wajib.

Sekadar ingin rekomendasi, semua keunggulan itu ada pada merk AC Gree. Pelopor AC Canggih ini memiliki fitur tidak berisik serta tahan lama. Contohnya seri inverter AC Gree F1 yang punya keunggulan sebagai AC yang hemat listrik, tidak berisik, dan cepat dingin. F1 punya fitur ‘Eco Save’ yang menghemat listrik. Tekan tombol ‘SAVE’ pada remote, selanjutnya konsumsi daya listrik akan menurun dan lebih hemat.