Mari mengenal rayap

Mari mengenal rayap merupakan artikel yang membahas tentang Rayap. Rayap adalah serangga sosial. Rayap merupakan jenis serangga yang mudah untuk dijumpai. Hewan ini sudah banyak dikenal masyarakat. Tetapi apakah kamu tau bagaimana klasifikasi ilmiah dari rayap ini? Dalam klasifikasi ilmiahnya, rayap termasuk Domain Eukariota, kingdom animalia, sub kingdom metazoa, filum arthopoda, kelas insecta, anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea. Sudah jelas karena rayap tergolong dalam kelas insecta, tidak heran jika rayap disebut sebagai serangga.

Mengenal rayap

Mengenal rayap

Rayap dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Selain itu, rayap juga kerap dianggap sebagai hama yang merusak benda yang berada di dalam rumah yang biasanya terbuat dari kayu. Rayap bersarang di kayu dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian bagi manusia secara ekonomi. Oleh karena itu rayap kerap tidak disukai oleh sebagian orang. Gunakan jasa anti rayap agar rayap di rumahmu dapat teratasi sesegera mungkin.

Rayap masih berkerabat dengan semut.  Semut juga merupakan serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan perilakunya dengan semut. Rayap tidak hanya bersarang di kayu, melainkan juga di tanah.Sebutan rayap sebetulnya mempunyai arti yang luas dan mengacu pada hewannya secara umum. Padahal terdapat beberapa bentuk berbeda dari rayap yang dikenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial.

Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun, beberapa rayap dapat berkembang mencapai bentuk bersayap. Rayap dalam bentuk yang bersayap akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan. Keluarnya rayap yang bersayap di awal musim penghujan seringkali menjadi pertanda perubahan musim kemarau ke musim penghujan. Rayap dalam bentuk bersayap akan keluar pada petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Rayap dalam bentuk yang bersayap ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.

Laron atau anai-anai yang berterbangan di malam hari dan mengerumuni cahaya ini mudah sekali untuk merontokkan sayapnya. Sehingga sayap-sayap dari laron atau anai-anai akan bertebaran di lantai. laron atau anai-anai yang sudah hilang sayapnya biasanya dikumpulkan oleh anak-anak sebagai umpan untuk memancing.