Cara Memilih Smartphone Terbaik untuk Anda!

Cara Memilih Smartphone Terbaik untuk Anda! Saat berbelanja untuk smartphone, hal terpenting pertama adalah pilih sistem operasi dan kemudian memprioritaskan fitur Anda. Baru kemudian pertimbangan harga untuk menemukan model yang tepat. Pelajari cara membuat keputusan berdasarkan informasi saat membeli ponsel cerdas dan pastikan untuk mempertimbangkan perangkat lunak lain yang sedang Anda gunakan!

Memilih Smartphone Terbaik

Memilih Smartphone Terbaik

Memilih Sistem Operasi

Pelajari beberapa perbedaan mendasar antara sistem operasi. Untuk bisa memilih smartphone terbaik, Anda harus tahu perbedaan dari masing-masing OS mereka. iPhone (alias iOS) dikenal untuk kemudahan penggunaan, keamanan, dan integrasi bersih daripada teknologi smartphone lainnya. Android dikaitkan dengan integrasi layanan Google, kemampuannya untuk disesuaikan, dan harga yang lebih rendah. Windows Phone kurang umum, tetapi menekankan integrasi dengan produk Microsoft dan menawarkan perangkat lunak kamera high end pada model tertentu.

Jika bisa, cobalah mencoba perangkat di toko. Itu akan memberi Anda rasa antarmuka dan nuansa yang baik dari masing-masing sistem operasi.

Tentukan kisaran harga Anda.

Ponsel iOS (iPhone) biasanya lebih mahal daripada rekan Android mereka. Di antara produsen ponsel, Apple dan Samsung biasanya termasuk yang paling mahal, sementara HTC, LG, dan Motorola cenderung menghasilkan opsi harga lebih rendah (beberapa smartphone low end dapat diperoleh dengan harga di bawah yang lumayan murah).

Tentukan fitur mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setiap sistem operasi memiliki beberapa fitur kepemilikan, sementara fitur dasar seperti email, penelusuran web, dan peta akan tersedia di semua sistem. iOS / iPhone memiliki fitur-fitur eksklusif seperti Siri, pemindaian sidik jari, chat FaceTime, dan dukungan iCloud. Android memiliki Google Now, widget homescreen untuk penyesuaian, dan memungkinkan pemasangan aplikasi pihak ketiga. Sebagian besar ponsel Android saat ini juga memiliki sensor sidik jari dan mendukung penggunaan Google Drive untuk dokumen dan penyimpanan cloud. Windows Phone menggunakan Cortana untuk aktivasi suara, memiliki kustomisasi homescreen “Live Tiles”, dan menggabungkan opsi Word, Excel, PowerPoint dan PDF.

Pertimbangkan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan.

Banyak aplikasi populer (misalnya Google Maps, MS Office, dan Apple Music) ditawarkan di semua sistem operasi, namun ada beberapa aplikasi (mis. IMessage, Facetime, dan Google Now) yang eksklusif untuk platform mereka masing-masing. Periksa toko aplikasi yang terkait dengan setiap opsi untuk memastikan aplikasi yang Anda inginkan dapat diakses ( Apple , Google Play , Windows ).

Secara umum, jika aplikasi populer tidak ditawarkan pada sistem operasi pesaing, ada kemungkinan kuat bahwa aplikasi alternatif ada yang secara fungsional sangat mirip.

iOS dan Android secara historis memiliki dukungan aplikasi yang jauh lebih luas daripada Windows.
Pembelian aplikasi Anda terkait dengan akun toko Anda. Anda akan dapat mentransfer pembelian Anda ke telepon masa depan apa pun selama mereka menggunakan sistem operasi yang sama.

Pilih sistem operasi.

Bagi kebanyakan orang, faktor penentu akan menjadi preferensi pribadi. Mereka yang mencari interface sederhana dan sistem yang aman akan cenderung menyukai iPhone yang didukung iOS, sementara mereka yang mencari opsi lebih banyak dan harga lebih rendah secara umum kemungkinan akan lebih memilih ponsel Android atau Windows.

Pilih layanan telepon dan paket data yang sesuai untuk Anda.

Operator layanan telepon biasanya akan menawarkan berbagai opsi paket bulanan prabayar untuk menit telepon, teks, dan data melalui jaringan seluler. Anda mungkin dapat memotong biaya bulanan dengan tidak membeli paket data sama sekali, tetapi ini berarti Anda tidak akan dapat mengakses internet dari ponsel Anda jika tidak di wifi.

Pilih ukuran layar.

Ukuran layar diukur dari sudut ke sudut secara diagonal. Pada akhirnya, ukuran layar adalah masalah preferensi. Ponsel layar yang lebih kecil mungkin lebih cocok di saku Anda dan seringkali lebih murah. Tampilan yang lebih besar mungkin lebih baik jika Anda berencana untuk menonton banyak video.

iPhone menawarkan seri “SE” untuk ponsel ringkas dan seri “Plus” untuk layar ekstra besar. Ponsel Android datang dalam berbagai ukuran: ada model anggaran yang lebih kecil seperti Moto G atau Galaxy S Mini, model akhir yang lebih tinggi seperti Galaxy S atau HTC One series, dan model besar seperti Galaxy Note atau Nexus 6P. Nokia menawarkan model ponsel Windows mulai dari layar 4-6 inci.

Periksa ruang penyimpanan.

Penyimpanan telepon (biasanya terdaftar dalam gigabite atau GB) adalah ukuran berapa banyak file (foto, video, aplikasi) yang dapat disimpan dalam satu waktu. Ruang penyimpanan sangat memengaruhi harga beberapa smartphone, jadi pertimbangkan berapa banyak yang Anda perlukan sebelum menetapkan model ponsel.

Sebagai contoh, ruang penyimpanan adalah satu-satunya perbedaan antara iPhone 16GB dan 32GB iPhone 6 6,
16GB diperkirakan memiliki sekitar 10.000 gambar atau 4000 lagu – tetapi perlu diingat bahwa penyimpanan ponsel Anda juga harus mengakomodasi semua aplikasi yang Anda unduh.

Beberapa ponsel Android (tetapi tidak semua) mendukung ekspansi penyimpanan dengan pembelian kartu microSD. iPhone tidak mendukung ekspansi penyimpanan setelah pembelian.

Pertimbangkan kualitas kamera.

Meskipun smartphone dikenal untuk mengambil foto berkualitas tinggi secara umum, kualitas gambar sebenarnya akan sedikit berbeda antara merek dan model. Cara terbaik untuk mengukur kualitas kamera di telepon adalah mencari contoh foto yang diambil secara online dengan model smartphone itu atau untuk mendemonstrasikan kamera sendiri.

Sementara produsen sering mengiklankan hitungan megapiksel kamera, fitur seperti ISO, kinerja cahaya rendah, kecerahan, dan pengurangan noise sama jika tidak lebih penting untuk dipertimbangkan. Sebagian besar smartphone modern dilengkapi dengan kamera depan dan belakang serta flash, dan akan mendukung add-on pihak ketiga (seperti attachment lensa).

iPhone terkenal karena perangkat keras / perangkat lunak kamera berkualitas tinggi mereka. Lumia 1020 Windows Phone dirancang khusus untuk penggunaan kamera berat.

Bagaimana Cara Memilih Smartphone Terbaik yang Tepat untuk Anda?

Pertimbangkan masa pakai baterai ponsel.

Teknologi baterai meningkat terus sehingga ponsel yang lebih baru cenderung memiliki masa pakai baterai yang lebih tahan lama. Namun kebiasaan penggunaan Anda adalah apa yang benar-benar menentukan berapa lama baterai bertahan. Berbicara di telepon, menggunakan aplikasi android, dan menggunakan telepon di luar jangkauan wifi akan menguras baterai lebih cepat. Daya tahan baterai smartphone rata-rata dapat berkisar antara 8-18 jam.

Sebagian besar model Android unggulan tidak akan mendukung baterai yang dapat diganti. IPhone tidak mendukung baterai yang dapat diganti pada model apa pun. Beberapa ponsel Android yang lebih baru menggunakan teknologi pengisian cepat untuk membantu mengisi ulang baterai besar mereka lebih cepat (misalnya seri Samsung Galaxy S atau seri Motorola Droid Turbo). Produsen mengklaim ponsel dengan pengisian cepat dapat mencapai biaya 50% dalam waktu sekitar 30 menit.

Nah, dari penjelasan di atas. Anda bisa menjadikannya bahan pertimbangan untuk memilih smartphone terbaik yang cocok untuk Anda. Sebelum Anda terlanjur membeli dan menyesal pada pilihan Anda yang kurang tepat.