Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat!

Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat! Apakah komputer Anda melambat, mendesing dan berputar ketika mencoba untuk mengikuti perintah Anda? Sebelum Anda menghabiskan ratusan atau bahkan ribuan umtuk komputer baru, Anda mungkin menemukan hanya dibutuhkan beberapa langkah sederhana untuk membuat komputer Windows atau Mac Anda berjalan lebih cepat.

Komputer Bekerja Lebih Cepat

Komputer Bekerja Lebih Cepat

Cadangkan komputer Anda.

Banyak dari kita memiliki apa yang terasa seperti seluruh hidup kita tersimpan di komputer kita. Karena saat ini teknologi komputer yang sudah sangat canggih. Foto kenangan berharga, evolusi selera musik kita, pekerjaan sekolah, pengembalian pajak dan, semakin banyak, semua yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan kita. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja komputer bekerja lebih cepat.

Sebelum membuat perubahan besar, selalu ada baiknya untuk membuat cadangan file penting. Beli hard drive eksternal yang lebih besar dari hard drive yang ingin Anda cadangkan. Memasukkan USB dari hard drive eksternal secara otomatis akan meminta komputer Anda memberi Anda pilihan untuk menggunakan drive untuk dicadangkan.

Nyalakan kembali komputer Anda.

Ini dapat mempercepat sementara komputer yang lambat dengan menyegarkan memori. Mulai ulang, atau matikan komputer sepenuhnya, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Ini tentu akan membuat komputer bekerja lebih cepat dari sebelumnya. Pastikan Anda menyimpan proyek apa pun yang sedang Anda kerjakan sebelum mematikan komputer Anda!

Hapus semua program yang tidak Anda gunakan.

Buka Panel Kontrol, lalu klik Tambah atau Hapus Program (atau “Hapus Program”, tergantung pada sistem operasi Anda) untuk menemukan daftar program yang diinstal di komputer Anda. Mungkin membantu untuk melihat seberapa sering Anda menggunakan program.

Jika Anda mengklik kanan salah satu judul kolom di atas daftar program Anda, Anda harus dapat menambahkan karakteristik tambahan yang digunakan untuk mengatur program Anda. Centang Last Used On dan kolom yang menampilkan terakhir kali Anda menggunakan setiap program akan muncul. Ini akan dengan cepat menunjukkan kepada Anda program mana yang sering Anda gunakan dan yang jarang Anda gunakan selama bertahun-tahun.
Jangan lupa untuk mengosongkan tempat sampah daur ulang Anda.

Cegah program yang tidak perlu dari mulai saat komputer boot.

Beberapa program mungkin mulai segera setelah Anda menghidupkan komputer Anda, berjalan di latar belakang sehingga mereka akan memuat dengan cepat ketika Anda membukanya. Buka Start Menu dan jalankan pencarian untuk “msconfig”. Klik Startup untuk melihat daftar semua program yang berjalan saat Anda mem-boot komputer Anda dan hapus centang apa pun yang tidak perlu.

Anda juga dapat memeriksa bilah tugas untuk melihat program mana yang berjalan saat start up (pastikan untuk mengklik Tampilkan Ikon Tersembunyi sehingga Anda tidak ketinggalan).

Ubah rencana daya komputer desktop Anda ke kinerja tinggi.

Buka Panel Kontrol dan pilih Opsi Daya. Anda akan menemukan list konsumsi pemakaian daya, biasanya seimbang, penghemat daya, dan kinerja tinggi. Pengaturan ini mengontrol cara komputer Anda menggunakan daya. Baik dengan menurunkan kinerja untuk mengoptimalkan masa pakai baterai, memaksimalkan kinerja dengan konsumsi daya utama, atau keseimbangan di antara keduanya. Memilih kinerja tinggi dapat membuat komputer bekerja lebih cepat secara keseluruhan.

Ini hanya berguna jika Anda memiliki PC desktop – menggunakan pengaturan Kinerja Tinggi pada laptop akan menguras daya baterai Anda.

Hapus entri yang tidak perlu dari menu konteks windows.

Menu konteks adalah menu yang muncul ketika Anda mengklik kanan sesuatu. Terkadang program akan meminta untuk ditambahkan ke menu, yang lain akan menambahkan dirinya secara otomatis. Untuk menghapus program, tekan ⊞ Win+R untuk membuka kotak Run. Ketik regedit dan klik OK. Klik HKEY_CLASSES_ROOT → * → shellex → ContextMenuHandlers. Dari daftar ini, hapus aplikasi yang tidak ingin Anda sertakan dalam menu konteks.

Sangat berhati-hati setiap kali mengedit sesuatu menggunakan Registry, karena menggunakannya dengan tidak benar dapat merusak sistem Anda. Jika Anda tidak nyaman menggunakan regedit, cobalah mencari freeware yang akan memungkinkan Anda untuk mengedit Menu Konteks Anda.

Instal program anti-virus , pemindai spyware , dan anti-malware.

Semakin sedikit bug, virus, dan bit adware yang harus dikelola komputer Anda, semakin banyak waktu yang harus digunakan untuk proses lain.

Selalu perbarui Windows.

Hal ini tidak hanya akan membuat Windows berjalan dengan lancar, tetapi beberapa virus masuk ke dalam pembaruan Windows yang diunduh lama setelah pembaruan tersedia (dan karenanya tidak dipantau sedekat mungkin).

Jalankan Disk Cleanup.

Ini dapat membersihkan ratusan megabyte dengan menghapus file sementara, file sistem yang tidak diperlukan, dan mengosongkan tempat daur ulang Anda. Klik My Computer, klik kanan Hard Drive, lalu klik Properties. Klik Disc Cleanup (dalam tab General). Sebuah jendela akan muncul menanyakan file mana yang ingin Anda hapus. Periksa yang ingin Anda hapus dan jalankan pembersihan.

Anda akan ingin menyimpan file game apa pun (kecuali jika Anda ingin menghapus permainan yang disimpan) dan mengatur file. Jika Anda memiliki banyak drive atau partisi, Anda harus memilih yang Anda ingin dibersihkan.

Jalankan Disk Defragment.

Ketika data terpecah, komputer Anda harus mencari fragmen file yang dapat menyebar ke seluruh hard drive Anda. Defragmenting akan mengatur data Anda dan mengosongkan ruang sehingga komputer Anda dapat mengakses data lebih cepat. Klik My Computer, lalu klik kanan Hard Drive. Setelah Anda mengklik kanan, klik Properties, Tools, lalu klik Defragment Now. Data yang terpecah dapat berada di hard disk atau drive yang dapat dilepas, seperti USB dan flash drive.

Nonaktifkan efek visual.

Ada 20 efek visual yang dapat Anda matikan atau hidupkan. Untuk mematikan semua efek dan memaksimalkan kinerja, klik Panel Kontrol, Sistem, lalu klik Pengaturan Sistem Lanjut. Pilih peluru yang bertuliskan “Sesuaikan untuk performa terbaik”.
Jika Anda tidak ingin mengorbankan semua bakat visual, cobalah memilih opsi yang mengatakan, Biarkan windows memilih yang terbaik untuk komputer saya.

Tambahkan RAM ke komputer Anda.

Untuk melihat apakah Anda membutuhkan lebih banyak RAM, inisialisasi Windows Task Manager dengan menekan Ctrl+ Alt+Del. Di bawah tab kinerja, temukan area yang dikhususkan untuk memori fisik (MB). Jika nomor di samping “Tersedia” kurang dari 25% dari total MB, Anda mungkin perlu menambahkan RAM. Menambahkan lebih banyak memori belum tentu membuat komputer bekerja lebih cepat. Jika komputer Anda lambat untuk beralih di antara jendela atau tugas, atau jika Anda sering membuka banyak tab browser sekaligus, RAM tambahan dapat membantu.

Hapus gadget yang tidak Anda gunakan.

Klik kanan pada desktop dan klik Gadget. Klik kanan pada gadget yang ingin Anda hapus dan klik Uninstall.

Bagaimana Cara Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat?

Hapus file sementara di komputer Anda.

Komputer Anda menghasilkan banyak file sementara setiap kali Anda melakukan boot dan / atau menggunakan aplikasi. Karena teknologi modern komputer yang canggih juga membutuhkan ruang yang cukup banyak, sehingga memperlambat sistem Anda. Anda harus membersihkannya setiap kali Anda berpikir PC Anda melambat lebih dari biasanya. Untuk melakukan ini, tekan ⊞ Win+R lalu ketikkan “% temp%” (tanpa tanda kutip). Hapus secara permanen ( ⇧ Shift+Delete ) semua file yang ada di folder.

Itulah semua hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat komputer bekerja lebih cepat dan tidak lemot. Sehingga akan sangat membantu pekerjaan Anda. Karena komputer yang bekerja dengan cepat tentunya akan sangat berpengaruh kepada kualitas pekerjaan Anda.