Cara Service Komputer yang Tiba-Tiba Mati

Cara Service Komputer yang Tiba-Tiba Mati bisa Anda dapatkan melalui buku buku tentang tekhnologi komputer. Zaman sekarang sudah modern dan teknologi pun sudah maju dan berkembang. Tak heran sudah banyak yang menggunakan peralatan elektronik seperti smartphone, laptop, pc, dan notebook. Era modern seperti saat ini sangat membantu manusia terutama dalam melakukan suatu hal kini menjadi lebih mudah.

cara service komputer

cara service komputer

Cara service komputer  sebelumnya Biasanya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang – orang ketika sedang berada di depan komputer. Hal ini menyebabkan penggunaan komputer menjadi sangat tinggi dan menyebabkan juga komputer bekerja terus. Sehingga akan timbul permasalahan dikarenakan hal ini. Seperti komputer hang atau tiba-tiba mati sendiri. Service printer bisa juga menjadi kendala.

Penggunaan komputer sebagai salah satu teknologi memang tak terlepas dari gangguan berupa error. Yang bisa saja terjadi karena kesalahan penggunaan oleh usernya, atau pun karena memang terjadi kerusakan pada komputer itu sendiri. Baik dari segi hardware maupun software nya. Kondisi ini kemudian menimbulkan beberapa macam gangguan yang biasa ditemui. Oleh para pengguna komputer, yaitu komputer sering mati sendiri

Penyebab Komputer / Laptop Sering Mati Sendiri

Shut down komputer yang salah bisa menimbulkan efek yang sangat serius pada komputer jika terus menerus dilakukan.

Apalagi jika hardware / software juga sering dimatikan secara mendadak bisa menyebabkan malfungsi. Biasanya komputer yang mati mendadak bisa terjadi karena dua hal, yaitu :

  • Mati karena sumber listrik yang tibatiba hilang, (jika laptop ada pada baterai)
  • Tiba-tiba mati mendadak
  • Khusus untuk komputer yang mati mendadak secara tiba – tiba, padahal sumber listrik masih menyala (seperti listrik PLN dan juga baterai) mungkin bisa disebabkan oleh banyak hal.

Cara Service Komputer PC & Laptop Tiba-Tiba Mati

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer sering mati sendiri dan juga cara mengatasinya :

Tegangan Listrik Tidak Stabil ( Kelebihan / Kekurangan )

Hal ini dapat ditemui pada PC, yang mana terkadang membutuhkan daya yang besar. Hal ini seringkali disebabkan karena power supply pada PC tidak memperoleh daya dan juga tegangan yang cukup. Sehingga hal ini sangat memungkinkan untuk menyebabkan komputer mati sendiri secara tiba – tiba. Cara Mengatasi :

Sebaiknya gunakanlah stablizer eksternal untuk menyalakan PC. Stabilizer sendiri memiliki fungsi yang sangat penting yaitu membantu menstabilkan arus listrik. Dan juga jumlah daya yang masuk ke dalam power supply suatu komputer. Sehingga bisa mengatasi jika tegangan listrik tidak stabil. Jika masih tidak ampuh / stabilizer juga rusak maka saya sarankan untuk membeli yang baru.

Adanya Kerusakan pada Sistem Operasi

Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan software, terutama sistem operasi mengalami corrupt. Kerusakan pada software juga seringkali menyebabkan komputer mati sendiri. Corrupt ini dapat terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah karena proses install dari software tesebut yang tidak benar, atau tidak kompatibel dengan komputer anda.

Beberapa problem diatas dapat diatasi dengan berbagai macam cara antara lain dapat anda cegah dengan cara :

  • Melakukan proses install ulang pada sistem operasi
  • Melakukan proses install dengan tepat dan juga benar
  • Gunakan fitur troubleshooting untuk mengecek permasalahan pada software
  • Menggunakan software yang kompatibel.

Bagaimana Cara service Komputer yang Sering Mati Sendiri?

Untuk mengatasinya, tentu saja kita sebagai user harus aware terhadap kondisi ini. Selalu gunakan antivirus yang baik dan berkualitas. Dan selalu lakukan update antivirus secara berkala untuk mencegah infeksi lebih lanjut dari virus. Bila Anda membutuhkan lebih banyak bantuan datanglah ke layanan service komputer

Demikian Cara sevice Komputer Sering Mati Sendiri. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi komputer yang sering mati sendiri. Tidak hanya itu setelah melakukan cara diatas untuk mengatasinya diharapkan komputer anda dapat normal kembali.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu.